Spanduk Pecel Ayam dari Bahan Kain


Spanduk Pecel Ayam Spanduk yang dicetak dengan menggunakan bahan Kain TC (Tetoron Cotton) bisa juga dengan menggunakan bahan kain Satin yang saya gunakan dalam membuat spanduk Pecel Ayam tersebut juga bisa membuat spanduk dengan berbagai jenis usaha sebagai media promosi usaha anda dengan menggunakan bahan kain TC dan bahan kain Satin.

Akan tetapi bahan yang tersedia diantara kedua bahan tersebut yang paling mahal harganya adalah bahan Satin.  


Perbedaan antara Bahan TC dengan Bahan Satin?


Bahan TC (Tetoron Cotton)

Tetoron Cotton atau TC merupakan jenis bahan kaos yang terbuat dari kombinasi antara 2 jenis bahan yaitu Polyester dan Cotton atau katun.  Jika katun terbuat dari serat kapas alami, maka jenis kain TC memadukan kain katun dengan Polyester yang terbuat dari serat sintetis berupa fiberpoly. Material ini adalah bahan yang biasanya digunakan dalam pembuatan biji plastik.  Karena terbuat dari serat sintetis, Polyester memiliki karakteristik yang cenderung panas dan tidak menyerap keringat.  

Karakteristik lain dari jenis bahan Polyester adalah kuat dan tahan meski direndam selama 3 jam, dan jika terkena noda minyak atau makanan cenderung susah untuk dihilangkan, itulah sebabnya jenis bahan ini sering dikombinasikan dengan jenis bahan lainnya seperti katun.

Jenis kain TC memiliki komposisi campuran Polyester yang lebih banyak dibandingkan Cotton, biasanya terdiri dari 35% Cotton dan 65% Polyester.  Atau bisa juga dengan komposisi yang berbeda, namun kandungan Polysternya tetap lebih banyak daripada kandungan Cottonny.  Hal ini sangat tergantung pada produsen dan kualitas bahan TC itu sendiri.  Jika dilihat dari sejarahnya, jenis kain TC atau Teteron sebenarnya adalah merk dagang dari produk fiber polyester yang telah diproduksi sejak tahun 1958 oleh Teijin dan Toray Industries.  Nama Teteron sendiri merupakan hasil dari sebuah kompetisi yang diadakan oleh Toray (Toyo Rayon) ketika mencari nama terbaik untuk produk Polyesternya.


Bahan Kain Satin

Kain satin adalah suatu jenis dari bahan kain yang pembuatannya melalui proses tenun dengan menggunakan teknik weave atau teknik serat filamen. Karena proses inilah kain ini memiliki tekstur kain yang nampak mengkilap atau glossy.

Sebenarnya satin itu bukanlah nama kain ataupun serat (fiber). Satin sendiri merupakan nama metode dalam pembuatan kain dengan cara proses ditenun (serat filamen) yang disebut dengan teknik satin. Karena nama teknik satin inilah masyarakat umumnya menyebut kain ini dengan kain satin.

Satin sendiri mulai diperkenalkan di daerah Eropa sekitar awal abad ke-20. Pada saat itu masyarakat sekitar sudah mengenal bahan sutra.

Jika di lihat sepintas, kain satin dan kain sutra memiliki ciri khas yang mirip, akan tetapi keduanya menggunakan serat bahan yang berbeda. Kain satin sendiri bahan dasarnya bisa menggunakan serat buatan polyester, nilon atau sutra, sedangkan kain sutra bahan dasarnya yaitu serat alami dari ulat sutra (sutera).

Meskipun kedua jenis bahan ini memiliki sifat yang lembut saat disentuh, akan tetapi tekstur sutra lebih lembut dari satin. Beberapa orang juga menganggap bahan satin disamakan dengan maxmara lotus, walaupun pada kenyataanya cukup berbeda.

Biasanya bahan kain satin digunakan untuk membuat blus (blouse) ataupun kemeja wanita. Hal ini karena bahannya yang terasa lebih nyaman saat menyentuh kulit dan sangat cocok untuk digunakan saat formal (baik untuk bekerja di kantor, rapat, dll) ataupun acara non-formal.

Selain itu, pakaian dari kain satin juga banyak digunakan sebagai dress pesta, piyama, robe/kimono, dan masih banyak lagi.


Bagaimana Sobat dari pernyataan kedua bahan tersebut sobat sudah bisa membedakan antara bahan TC dengan bahan Satin?


Jika Ingin mencoba untuk order spanduk yang terbuat dari bahan kain TC atau bahan Satin dengan Custom Desain dan bebas ukuran Silahkan untuk menghubungi saya pada kontak yang sudah tersedia pada web ini.

Saya ucapkan terimakasih sudah berkunjung pada website kami ini.

Post a Comment

Previous Post Next Post